Strategi Instagram Marketing

Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis Online

Diposting pada

Bisnis Online Selalu Sepi? Jangan Khawatir, Pakai Strategi Instagram Marketing Saja Agar Ramai!
Perkembangan teknologi di era sekarang memang sudah sangat pesat. Ditandai dengan adanya jaringan atau koneksi internet yang luas sehingga bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat. Tak lupa semakin canggihnya beragam fasilitas komunikasi, salah satunya media sosial. Instagram adalah jenis media sosial yang sedang trend, terutama di kalangan anak muda.

Apalagi bagi mereka yang hobi fotografi seperti memotret keadaan sekitar ataupun diri sendiri (selfie). Biasanya hasil jepretan tersebut akan diunggah ke akun Instagram masing-masing dengan tujuan berbeda-beda. Ada yang ingin menjadi artis dunia maya dan mendapatkan kepopuleran, sarana unjuk kebolehan seperti menyanyi atau main musik.

Namun saat ini Instagram sendiri sering dikaitkan dengan berbagai hal yang negatif karena hanya banyak digunakan untuk kegiatan merugikan. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena media sosial ini bisa memberikan banyak keuntungan. Misalnya saja untuk keperluan berbisnis, lebih tepatnya sarana promosi untuk menarik perhatian calon pembeli.

Strategi Instagram Marketing

Instagram dan Dunia Bisnis

Rupanya masyarakat sudah semakin pintar dan kreatif dalam memanfaatkan fasilitas yang ada di internet, seperti media sosial. Terbukti dengan bertambahkan jumlah pengguna Instagram dari waktu ke waktu. Bukan hanya untuk mengabadikan momen dalam bentuk foto melainkan dipakai untuk berdagang atau bisnis. Bahkan media ini dikabarkan menggeser kepopuleran Facebook dan Twitter yang sudah lebih dulu muncul. Alasannya adalah karena Instagram mempunyai banyak kelebihan ketimbang jenis media sosial lainnya. Itulah alasan mengapa banyak pangusaha yang ramai-ramai mempromosikan produk atau jasanya, seperti bisnis online, e-commerce, retailer, dan bisnis yang bergerak di berbagai bidang.

Meskipun hanya fokus menampilkan file berupa foto dan video, tapi Instagram malah lebih disukai banyak orang. Para konsumen mengaku kalau mereka jadi lebih puas dan percaya dengan produk yang dijual online shop. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengusaha berbasis online yang mendapatkan banyak keuntungan dari penjualan. Selain itu, dengan menggunakan Instagram juga bisa menjangkau target marketing lebih luas karena bisa dikunjungi dan dilihat oleh seluruh masyarakat dunia.

Strategi Instagram Marketing untuk Bisnis Online

Jika Anda mempunyai bisnis online dan masih tergolong sepi pembeli, mungkin harus ditinjau ulang apa penyebabnya. Bahkan Anda sudah menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana marketing namun masih saja gagal menarik perhatian konsumen. Jangan khawatir, ada beberapa tips jitu yang bisa anda terapkan.

1. Mengoptimalkan Profil

Jangan anggap remeh mengenai profil yang ada pada Instagram karena bisa mempengaruhi kegiatan marketing Anda. Meskipun berisi informasi tertentu tapi usahakan Anda menulisnya lebih rinci dan spesifik. Jangan hanya menulis nama perusahaan dan kontak nomer telepon tetapi berikan informasi lain seperti alamat, cara pemesanan, alamat website terkait, dan sebagainya yang dianggap sangat penting.

2. Jangan Hanya Menarik

Menggunakan gambar dan video tentang produk yang dijual di online shop memang merupakan hal utama. Membuatnya menjadi lebih menarik dan enak dilihat juga menjadi tugas wajib bagi Anda. Akan tetapi jangan sampai gambar yang sudah bagus tersebut tidak memiliki makna dan membuat konsumen bingung. Buatlah deskripsi mengenai produk yang dipajang secara lengkap tanpa harus bertele-tele agar masyarakat menjadi mengerti.

3. Filter dan Proses Edit Gambar

Jangan Anda meremehkan hal yang satu ini dengan memajang gambar atau video seadanya. Sebaiknya gunakan filter atau edit sedikit agar tempilannya lebih menarik. Hal ini sudah dibuktikan pada sebuah penelitian tentang penggunaan filter menambah nilai estetika sehingga membuat orang lain senang.

4. Menggunakan Hashtag

Pada Instagram pastikan Anda menggunakan hashtag atau kata dan frasa yang relevan terhadap gambar yang diposting. Cara ini akan membuat pengunjung dan followers Anda menjadi bertambah karena banyak orang akan melihat postingan tersebut.

5. Jangan Hanya Hasil, Tunjukkan Juga Proses

Sangat penting bagi sebuah perusahaan menunjukkan proses bisnisnya. Biasanya banyak orang hanya memajang hasil yang sudah tampak bagus dan menarik saja. Padahal masyarakat akan jauh lebih tertarik dan simpati ketika melihat bagaimana proses produk itu sendiri. Misalnya saja Anda menjual makanan, tak ada salahnya menunjukkan proses pembuatannya dalam bentuk video maupun foto. Dengan begitu masyarakat akan semakin percaya terhadap kualitas dagangan Anda.

Semoga tips jitu ini bermanfaat untuk memaksimalkan penggunaan Instagram Marketing. Tujuannya tentu saja agar bisnis berjalan dengan lancar dan dapat berkembang pesat. Jika isi di dalam Instagram tersebut menarik dan berkualitas maka secara otomatis banyak calon pembeli yang tertarik dengan produk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *