edgerank facebook

Cara Meningkatkan EdgeRank (Algoritma) Fanpage FB

Diposting pada

Apa itu Edgerank?

Edgerank adalah sebuah algoritma yang dimiliki oleh social media terbesar yaitu Facebook untuk menentukan posisi sebuah post, status, dan hal-hal lainnya yang “berseliweran” di timeline atau newsfeed yang ada di Facebook. Edge rank ini sangat penting bagi pada facebook marketer, karena dapat menguntungkan pada bisnisnya. Edge rank berpilar pada 3 hal, yaitu AFFINITY (Ue), WEIGHT (We), dan TIME DECAY (De) seperti gambar berikut :

edgerank facebook

Untuk melihat sistem algoritma ini dengan lebih mudah, coba bayangkan jika Anda memiliki 5000 teman di Facebook, dimana taruhlah 10% dari teman melakukan update status 1x sehari, itu berarti ada sekitar 500 buah status yang siap ditampilkan pada Anda.

Lalu bagaimana cara Facebook menentukan prioritas pada setiap status sehingga muncul terlebih dahulu di timeline Anda?

Nah, sistem Edgerank di Facebook-lah yang bertugas untuk menentukan posisi status di timeline Anda sehigga hanya status-status paling “penting” saja yang akan muncul. So, dengan mengenal Edgerank, maka kita bisa memaksimalkan potensi akun facebook yang kta gunakan untuk berbisnis, berjualan, berinteraksi atau apa saja dengan lebih optimal.

Semakin luas jangkauan yang bisa dicapai, semakin banyak pula yang melihat status kita, artinya kan “sukses” makin baik. Berikut 3 pilar Edgerank beserta penjelasannya:

1. AFFINITY

Affinity adalah nilai antara pembaca dan pemilik edge. Valuenya dihitung dari ketertarikan user terhadap konten yang Anda buat. Facebook ingin menunjukkan user konten yang relevan dimana mereka tertarik untuk terlibat (like, comment, share). Faktor nilai affinity adalah konten yang relevan dengan audience. Artinya tak hanya konten yang menarik, tetapi juga audience yang tertarget dengan interest tinggi terhadap konten yang kita miliki.

2. WEIGHT

Weight (berat) adalah ukuran tipe engagement (comment, like, dan share). Konten video dan foto adalah prioritas pertama untuk mendapatkan weight karena memicu engagement yang lebih besar dibandingkan konten biasa. Meksi demikian, perlu dipastikan jika video atau foto yang diposting cukup unik (kalau bisa original), dan di host di Facebook.

Artinya, lebih baik mengupload video langsung di Facebook daripada menyisipkan embed code yang diambil dari (misalnya) Youtube atau foto yang diambil via link external. Konten video dan foto juga memiliki potensi viral yang cukup tinggi. Untuk meningkatkan weight, Anda perlua membuat kedua jenis posting tersebut di wall Anda.

3. DECAY

Decay dihitung berdasarkan berapa lama sebuah engagement sebelumnya dibuat. Setiap post, status, apa saja yang Anda letakkan di wall memiliki masa “kadaluarsa” alami. Semakin “tua” sebuah status, semakin jarang pula ia tampil di timeline teman Anda. Value Decay ini sangat erat hubungannya dengan 2 hal, yaitu momentum (timing) post dan frekuensi. Maka pastikan Anda melakukan post pada waktu yang tepat, jam-jam strategis ketika banyak teman sedang online dengan frekuensi yang seimbang.

Update status 2, 3, 4x sehari tentu lebih baik ketimbang update status hanya 1x sehari. Tetapi jika 4x update statusnya jualan melulu dengan tingkat engagement rendah, tentu jauh lebih buruk ketimbang 1 status yang memiliki engagement yang tinggi. Edgerank berlaku pada fanpage fb maupun akun biasa. Dan untuk memingkatkan nilai ini, hanya ada 1 hal yang dapat Anda lakukan, yaitu membuat status/konten yang konsisten mendapatkan perhatian, minat dan ketertarikan dari audinece yang Anda miliki.

 

Catatan:

  • Jangan pernah percaya dan menelan utuh-utuh informasi tentang Edgerank dari sumber manapun, termasuk artikel ini. Faktanya, seperti algoritma Google yang hanya Google dan Tuhan saja yang tahu, maka algoritma Edgerank sesungguhnya hanya diketahui oleh Facebook dan Tuhan saja.
  • Satu-satunya cara untuk memahami Edgerank adalah dengan melihat dan melakukan analisa tampilan newsfeed.
  • Semenjak pelucurannya, algoritma Facebook selalu berubah dan mengalami perkembangan yang berorientasi pada kepuasan pengguna.
  • Pikir dan rencakana dengan matang setiap konten yang dibuat,baik isi maupun waktu postingnya.
  • Anda bebas mengedit bahkan menghapus status yang direncanakan untuk mendapatkan engagement bagus tetapi tidak sesuai dengan harapan.
  • Anda bebas mengedit bahkan menghapus status-status usang yang tak lagi relevan dengan konfisi saat ini.
  • Usahakan selalu membalas orang yang memberikan komen di status atau ads Anda, telebih atas komentar atau pertanyaan yang relevan. Orang tidak suka di cueki dan diacuhkan.
  • Selain “memuaskan hati” orang yang berkomentar, balasan komen juga akan “menyundul” status Anda menjadi tampil kembali keatas. dan jika balasan tersebut bersahut dengan balasan lagi, maka terjadilah “sundulan” tambahan.
  • Tentang sundul-menyudul ini, Anda bisa memberikan jeda ketika membalas komentar. Misalnya ada 2 komentar yang akan dibalas, maka jangan membalas sekaligus secara berurutan. Balaslah satu dahulu, kemudian balaslah komentar lainnya setelah beberapa saat, menit atau jam, silahkan atur sesuai kebutuhan.
  • Status “jualan” atau yang berisi link akan secara otomatis memiliki Edgerank yang rendah dibandingkan status “normal”.
  • Maka jangan jualan melulu. Berikan value yang lebih, atau gunakan cara-cara yang lebih “lembut” ketika “jualan” (soft selling).

Itu adalah cara meningkatkan EdgeRank pada fanpage facebook, silahkan share ke teman-teman Anda jika artikel ini bermanfaat. Dan jangan lupa selalu di praktekkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *